Puspita, Ajeng Rosa (2025) EFEK MEDIA EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DEMAM TYPHOID PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100015_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100015_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100015_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (151kB)

Abstract

Latar Belakang : Demam typhoid lebih sering terjadi pada anak usia sekolah karena pada
tahap tumbuh kembang ini, anak-anak cenderung menyukai makanan yang menarik secara
visual tanpa mempertimbangkan kebersihannya. Oleh karena itu, edukasi tentang demam
typhoid sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko penularan penyakit melalui
jajanan di sekitar sekolah. Namun, metode pendidikan kesehatan yang digunakan saat ini
masih kurang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen (QuasiExperimental

Design) menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI di SDN Bangetayu Wetan 02, Kecamatan
Genuk, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dengan total 60 responden yang terbagi dalam kelompok intervensi dan
kontrol. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.

Hasil: Berdasarkan analisis karakteristik responden, mayoritas berusia 11 tahun (52%),
berjenis kelamin laki-laki (61%), dan seluruhnya berasal dari suku Jawa serta beragama
Islam (100%). Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dalam kelompok intervensi
(p = 0,000) dan kelompok kontrol (p = 0,001) tidak berdistribusi normal. Hasil analisis
statistik menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah intervensi
dalam kedua kelompok, tetapi peningkatan pengetahuan pada kelompok yang
menggunakan media permainan ular tangga lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok
yang menggunakan media PowerPoint (p < 0,05).

Kesimpulan: Media edukasi permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan
pengetahuan anak sekolah dasar tentang demam typhoid dibandingkan dengan media
PowerPoint.

Kata Kunci: Demam Typhoid, Edukasi, Permainan Ular Tangga

Dosen Pembimbing: ASTUTI, INDRA TRI | nidn0618097805
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:40
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39100

Actions (login required)

View Item View Item