JUNIANTI, RISNA (2025) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK SINDROM DOWN USIA 1-3 TAHUN DI POTADS SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Kebidanan_32102300041_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Kebidanan_32102300041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (159kB)
[thumbnail of Kebidanan_32102300041_fullpdf.pdf] Text
Kebidanan_32102300041_fullpdf.pdf

| Download (4MB)

Abstract

Anak dengan sindrom Down memiliki kemampuan motorik halus yang lebih
terganggu dibandingkan motorik kasar dengan masalah waktu dalam
menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana permainan puzzle geometri berdampak pada perkembangan motorik
halus pada anak-anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS Semarang.
Penelitian kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini
menggunakan 7 responden , studi ini dilakukan dari Oktober hingga November
2024 secara online melalui media zoom meeting. Hasil menunjukkan bahwa,
permainan puzzle geometri memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik
halus anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS Semarang, dengan p-value
= 0,014 < α = 0,05, yang merupakan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan
SPSS dengan uji Wilcoxon. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
permainan puzzle geometri memiliki dampak yang signifikan terhadap
perkembangan motorik halus anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS
Semarang. Diharapkan orang tua menjadi lebih semangat saat melakukan
stimulasi motorik halus pada anak-anak mereka.

Kata kunci : Sindrom Down; permainan puzzle geometri; anak usia 1-3 tahun

Dosen Pembimbing: SUSILOWATI, ENDANG | nidn0627018001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 02:44
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38957

Actions (login required)

View Item View Item