Handayani, Mega Puput (2024) Strategi Stakeholder Relations dalam Penyelenggaraan Event “Torang Creative and Ecotourism Festival 2024” oleh Al-Print Organizer di Kota Sorong Papua Barat Daya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000062_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000062_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000062_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi komunikasi yang efektif
dalam manajemen event, khususnya untuk mengelola hubungan dengan stakeholder dalam
penyelenggaraan acara berskala besar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan
strategi stakeholder relations yang diterapkan oleh Al-Print Organizer dalam
penyelenggaraan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024. Berdasarkan teori
Stakeholder Relations, penelitian ini mengkaji pendekatan komunikasi yang digunakan
dalam setiap tahap: pre-event, event, dan post-event. Pendekatan kualitatif digunakan
dengan metode wawancara semi-terstruktur, melibatkan tiga informan utama yang
berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi acara. Populasi penelitian
mencakup stakeholder internal dan eksternal acara, sedangkan informan dipilih secara
purposive sampling untuk memastikan relevansi data. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup tahap pengumpulan, reduksi,
penyajian data, hingga penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Al-Print Organizer menerapkan strategi
stakeholder relations yang terstruktur melalui tiga tahap utama pre-event, event, dan postevent.

Pada tahap pre-event, media sosial seperti Instagram dimanfaatkan untuk
membangun antusiasme audiens, sementara WhatsApp menjadi alat komunikasi real-time
selama tahap event berlangsung. Pada tahap post-event, dokumentasi visual dan laporan
formal disampaikan kepada stakeholder untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan
citra positif acara. Kolaborasi yang intensif dengan stakeholders eksternal, seperti
pemerintah daerah, Bank Indonesia Papua Barat, pelaku UMKM, dan media lokal, menjadi
faktor kunci keberhasilan penyelenggaraan festival ini.Festival berhasil menarik lebih dari
dari 3.000 pengunjung per hari dan mencatat transaksi UMKM sebesar Rp.476.648.371.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Al-Print Organizer dalam memadukan
perspektif normatif dan positif dari teori Stakeholder Relations mampu menciptakan sinergi
yang harmonis antara stakeholder internal dan eksternal, sehingga mendukung tercapainya
tujuan mempromosikan ekonomi kreatif dan ekowisata di Papua Barat dan Papua Barat
Daya.

Kata kunci: Stakeholder Relations, Event Management, Ekowisata, Ekonomi Kreatif

Dosen Pembimbing: TRIMANAH, TRIMANAH | nidn0319077502
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38373

Actions (login required)

View Item View Item