WIBOWO, KRISNA MUKTI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO UCHIA SPORT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000058_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000058_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000058_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (187kB)

Abstract

Di tengah perkembangan bisnis di Indonesia yang semakin kompetitif,
Uchia Sport menyadari pentingnya inovasi dan kreatif dalam menghadapi
pesaingan yang ketat. Terutama dengan perubahan trend konsumen dan maraknya
platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana strategi
komunikasi pemasaran digital yang diterapkan Uchia Sport dalam meningkatkan
penjualan dan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini
menggunakan teori marketing mix dan analisis SWOT untuk menganalisis strategi
pemasaran yang diterapkan Uchia Sport. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif serta teknik pengumpulan
data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang
diterapkan oleh Uchia Sport telah berhasil meningkatkan brand awareness dan
penjualan produk mereka. Uchia Sport memanfaatkan media sosial, khususnya
Instagram, sebagai sarana promosi yang efektif, serta mengadopsi pendekatan
pemasaran yang komprehensif melalui segmentasi pasar, targeting, dan positioning
yang tepat. Analisis SWOT juga mengungkap kekuatan Uchia Sport, seperti
koneksi langsung dengan produsen dan strategi pemasaran yang konsisten, namun
juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, termasuk keterbatasan sumber daya
dan persaingan dari e-commerce. Dengan strategi yang terus berkembang, Uchia
Sport diharapkan dapat mempertahankan keberhasilan dan terus bersaing di pasar
yang dinamis.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Uchia Sport, Analisis SWOT,
Media Sosial

Dosen Pembimbing: MUBAROK, MUBAROK | nidn0601048102
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38372

Actions (login required)

View Item View Item