Sarjuni, Sarjuni and Purnomo, Dedi (2012) EFEKTIVITAS PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS IBADAH (Studi Kasus Di MTs Roudlotul Muttaqin Mranggen Demak). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (20kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (14kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

| Preview Download (10kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

| Preview Download (12kB)

Abstract

Pembangunan di bidang pendidikan merupakan upaya untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam
rangka menciptakan manusia yang berpotensi dan berakhlak mulia. Karena
pendidikan mempunyai peran yang sangat urgen untuk menjamin perkembangan dan
kelangsungan kehidupan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakat,
khususnya pembangunan atau pambaharuan pendidikan agama Islam yang mana
tujuannya sudah jelas yaitu untuk pembentukan akhlak dan pemberian pedoman
hidup yang baik pada seluruh siswa. Dan melalui lembaga pendidikan lah
pembaharuan dalam bidang pendidikan Islam ini dapat diwujudkan.
Sekolah dengan system Boarding School
bertujuan untuk meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pendidikan dan menanamkan nilai-nilai tertentu yang tidak
didapatkan pada sekolah-sekolah umum karena keterbatasan waktu. Ciri khas
Boarding
School yang penulis teliti adalah mengintegrasikan nilai-nilai Islam pada setiap mata
pe ƒ� ��� ø�  � ø�� �⁄��� �� �ø� dalam aktivitas ibad ah sehari-hari serta aplikasinya pada
perancangan system sekolah. Nilai-nilai Islam yang dimaksud diantaranya adalah nilai
kedisiplinan, nilai falsafah (keagamaan) dan nilai kepedulian sosial ( ukhuwah diantara
para peserta didik dan dewan asatidz ).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pelaksanaan program Boarding School di lembaga pendidikan Islam di MTs
Roudlotul Muttaqin kota Mranggen sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam
yang menerapkan sistem asrama didalamnya, untuk mengetahui sejauh mana
efektivitas program tersebut dalam meningkatkan aktivitas ibadah peserta didik dalam
bidang pendidikan Islam yang diterapkan dan dikembangkan di MTs Roudlotul
Muttaqin kota Mranggen tersebut.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Dalam pelaksanaan pengumpulan data, penulis menggunakan
metode observasi, interview dan dokumentasi. Sesuai dengan jenis penelitiannya,
untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu
berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati
sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat
menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.


Kata Kunci: Sistem pendidikan, dan Boarding School sekolah berasrama

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Users 727 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:29
Last Modified: 15 Mar 2016 03:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item