Salsabila, Lathifah (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN EXPRESS PADA PT. TRITAMA BELLA TRANSINDO (TBT LOGISTICS) DI KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000141_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000141_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000141_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (149kB)

Abstract

Layanan express PT TBT Logistics merupakan salah satu layanan yang
berkontribusi dalam proses distribusi jasa ekspedisi untuk pengiriman barang dengan
cepat. Akan tetapi dalam memasarkan layanan express ini, perusahaan harus dapat
bersaing dengan perusahaan sejenis yang bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT
TBT Logistics untuk meningkatkan daya saing layanan. Tipe penelitian ini
menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sumber data di dapat melalui
wawancara mendalam terhadap informan. Penelitian ini menggunakan paradigma
Interpretif. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah action assembly
theory dengan konsep marketing mix. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran layanan express pada PT. Tritama
Bella Transindo (TBT Logistics) di Kota Semarang untuk meningkatkan daya saing.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang
digunakan oleh PT TBT Logistics. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini
menggunakan beberapa kriteria yaitu, derajat kepercayaan, keteralihan,
kebergantungan, dan kepastian.






Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT TBT Logistics berhasil menerapkan
bauran pemasaran di pasar layanan express melalui kunjungan langsung ke pelanggan,
pemanfaatan media sosial, dan pemasaran offline. Strategi ini efektif dalam
membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun,
masih diperlukan penyempurnaan untuk mengatasi kendala dan menjaga daya saing
perusahaan di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini juga menghadapi
keterbatasan seperti waktu, biaya, dan akses data, sehingga diharapkan penelitian
selanjutnya dapat mengeksplorasi teori lain untuk memperluas pemahaman tentang
strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif.





Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, TBT Logistics, Bauran Pemasaran

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item