Rizal, Rizka Khairunnisa (2024) MENGURAI KONSEP DIRI MAHASISWA PENGGUNA FASHION THRIFT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000135_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000135_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000135_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000135_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (223kB)

Abstract

Fashion thrift yang awalnya dianggap sebagai pilihan bagi kalangan
menengah ke bawah kini telah menjadi tren yang populer di berbagai kalangan.
Pergeseran ini didorong oleh kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, keinginan
untuk tampil unik, dan keterbatasan anggaran. Minat masyarakat terhadap fashion
thrift tetap meningkat meskipun masih ada stigma negatif yang melekat, yang
membuat para pengguna tetap menghadapi tantangan terkait konsep diri. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri yang terbentuk pada mahasiswa
pengguna fashion thrift di Kota Semarang berdasarkan tiga konsep utama pada teori
interaksi simbolik yaitu mind (pikiran), self (diri), dan society (masyarakat) yang
dicetuskan oleh George H. Mead. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dimana hasil penelitian berupa gambaran dari konsep diri mahasiswa
pengguna fashion thrift di Kota Semarang. Selain itu, teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara terstruktur terhadap 3 informan serta diperkuat
dengan studi pustaka dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa konsep diri ketiga informan
mahasiswa pengguna fashion thrift di Kota Semarang menunjukkan kecenderungan
positif. Mereka memahami diri sendiri, tetap percaya diri meski ada pandangan
negatif, dan memilih fashion thrift sebagai solusi gaya yang efisien secara finansial.
Fashion thrift membantu mereka mengekspresikan identitas unik, dengan
dukungan dari lingkungan dan jaringan pertemanan yang memperkuat rasa percaya
diri. Meskipun ada tantangan, mereka tetap memandang fashion thrift secara positif
sebagai sarana eksplorasi gaya yang sesuai dengan karakter mereka. Namun,
penelitian lebih lanjut diperlukan dengan melakukan wawancara terhadap
masyarakat sekitar untuk memperkaya pandangan tentang konsep diri mahasiswa
pengguna fashion thrift. Selain itu, penambahan jumlah informan juga diperlukan,
mengingat penelitian ini hanya melibatkan sedikit informan dari perguruan tinggi
di Kota Semarang.

Kata Kunci : Konsep Diri, Fashion Thrift, Teori Interaksi Simbolik.

Dosen Pembimbing: Adnjani, Made Dwi | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:21
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36636

Actions (login required)

View Item View Item