Andrian, Rizal Fajar (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LUHUR PREMIUM SKINCARE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000134_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000134_fullpdf.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000134_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (198kB)

Abstract

Dalam e-commerce pemasaran online yang semakin bersaing, fitur - fitur
Shopee hadir bagi penjual dapat dimanfaatkan Luhur Premium Skincare untuk
meningkatkan penjualan produk dan efektivitas komunikasi mereka di tengah
perkembangan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi
komunikasi pemasaran produk Luhur Premium Skincare dalam meningkatkan
penjualan di e-commerce Shopee. Dengan menggunakan paradigma Interpretif dan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti memaparkan data yang diperoleh
kemudian dianalisis secara kritis dengan menggunakan teori penyusunan tindakan
dengan penyesuaian komunikasi pemasaran terpadu. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Wawancara mendalam dilakukan bersama informan penelitian yang merupakan
divisi marketing manajer oprasional, ketua tim suppport, dan admin dari Luhur
Premium Skincare.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, manajemen penggunaan fitur - fitur
Shopee menjadi faktor utama dalam meningkatkan produk Luhur Premium
Skincare. Seperti shopee video, promo member, hari spesial, shopeelive, chat toko,
penilaian produk, dan profil toko. Dengan model bauran komunikasi pemasaran
dari teori Kotler & Keller, yaitu iklan atau advertising, promosi atau sales
promotion, penjualan personal atau personal selling, dan penjualan langsung atau
direct marketing. Peningkatan angka penjualan di Shopee menunjukkan pengaruh
dari penggunan dari berbagai fitur. Namun, penggunaan fitur Shopee memerlukan
kreatifitas manajemen untuk memastikan hasil yang lebih maksimal. Dan tujuan
marketing yang tepat dan respon yang efisien kepada para pelanggan menjadi
pengaruh bagi penjualan produk Luhur Premium Skincare. Berdasarkan temuan
peneliti, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh divisi marketing
Luhur Premium Skincare dengan segmentasi Wanita pengguna Shopee usia 20
tahun hingga 50 tahun dan peka terhadap kandungan skincare. Hal tersebut dapat
dilihat dari akun Shopee Luhur Premium Skincare yang berkaitan dengan
pelanggan member yakni, banyak pelanggan membeli dari promo flash sale yang
disediakan Luhur Premium Skincare. Fitur Shopee mampu membantu Luhur
Premium Skincare dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu upaya dalam
meningkatkan .penjualan produk. Penelitian ini juga memiliki keterbatasan,
termasuk jumlah informan yang terbatas, penggunaan teori penyusunan tindakan
disampingi dengan model komunikasi pemasaran saja, lalu juga pada keterbatasan
waktu serta sumber daya peneliti.
Kata Kunci : Fitur Shopee, Strategi Komunikasi, Shopee live, Pemasaran
Skincare, Divisi Marketing

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36634

Actions (login required)

View Item View Item