Muna, Maulida Nabilatul (2024) PENGARUH JINGLE IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAPAO “MEGA JAYA” DI KECAMATAN GENUK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000130_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000130_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya daya saing dunia bisnis semakin pesat yang
mengangkibatkan semakin banyak bermunculan produk kompetitor bapao yang
menggunakan teknik pemasaran yang lebih modern, namun bapao mega jaya
mampu bertahan dan eksis dengan semakin banyaknya kompetitor lain. Rumusan
masalah pada penelitian ini untuk mengetahui bagaima pengaruh jingle dan word
of mouth terhadap keputusan pembelian Bapao Mega Jaya di Kecamatan Genuk.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jingle iklan dan word of mouth
terhadap keputusan pembelian bapao mega jaya. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Teory of Reasoned Action (TRA). Jenis penelitian yang
dilakukan adalah kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivistik.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik cluster random sampling kepada 100
responden yang merupakan warga yang tersebar di 13 Kecamatan Genuk. Uji
perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda
dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS untuk menguji data statistik.
Hasil uji validistas dalam seliruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid;
seluruh item juga dinyatakan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa
jingle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; sedangkan word of
mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; dan jingle dan
word of mouth berpengaruh silmutan terhadap keputusan pembelian. Sementara uji
analisis regresi linier berganda menunjukan bahkan bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara jingle terhadap keputusan pembelian, sedangkan antara
variabel word of mouth terhadap keputusan pembelian positif tapi tidak terdapat
pengaruh signifikan. Nilai koefisien regresi bernilai bahwa nilai R Square sebesar
0,399, hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen mampu dijelaskan oleh
variabel independen sebesar 0,399 atau 39,9%, sedangkan sisanya yakni 60,1%
dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini
menunjukan bawa jingle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
bapao mega jaya dan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepitusan pembalian bapao mega jaya. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah
keterbatasan pada variabel penelitian, yang dimana variabel independen tidak ada
pengaruh terhadap variabel dependen. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya
untuk menambahkan variabel lain untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Theory of Reasoned Action (TRA), Jingle, Word Of Mouth dan
Keputusan pembelian, Bapao Mega Jaya
Dosen Pembimbing: | Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 07:16 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |