Putri, Erifdya Avinka (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE 12.12 BIRTHDAY SALE DI YOUTUBE DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERSEPSI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (UNISSULA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000127_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000127_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000127_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000127_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (193kB)

Abstract

Pertumbuhan penggunaan media sosial dan internet di Indonesia, termasuk
YouTube, telah menjadikannya platform utama bagi iklan seperpti Shopee 12.12
Birthday Sale. Mahasiswa sebagai kelompok sasaran rentan terhadap pengaruh iklan
online dan juga terpengaruh oleh interaksi teman sebaya. Penelitian ini meneliti
bagaimana iklan digital mempengaruhi persepsi perilaku konsumtif mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Shopee
12.12 Birthday Sale di YouTube terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa
ilmu komunikasi angkatan 2020 UNISSULA dan untuk mengetahui pengaruh
interaksi teman sebaya terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa kota
Semarang. Teori yang digunakan adalah teori terpaan iklan, teori persepsi, dan teori
perilaku konsumen. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif dengan paradigma
positivisme. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan
2020 UNISSULA, dengan teknik pengambilan sampel total sampling sehingga
seluruh populasi dijadikan responden sebanyak 100 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh terpaan iklan Shopee 12.12
Birthday Sale di YouTube (X1) terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa
Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 UNISSULA berdasarkan penghitungan t diketahui
nilai t hitung sebesar 1,451 lebih kecil dari t tabel yaitu 1,660 dan nilai signifikansi
yaitu 0,150 lebih besar dari 0,05 ini berarti bahwa tidak ada pengaruh atau kata lain
hipotesis tidak terbukti, begitu juga dengan pengaruh interaksi teman sebaya (X2)
terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020
UNISSULA (Y) berdasarkan perhitungan t diketahui nilai t hitung sebesar 1,092 lebih
kecil dari t tabel yaitu 1,660, dan nilai signifikansi 0,278 lebih besar dari 0,05 ini
berarti bahwa tidak ada pengaruh atau kata lain hipotesis tidak terbukti. Penelitian ini
menghadapi keterbatasan diantaranya pembuatan daftar pertanyaan untuk kuesioner,
dan pengambilan dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang tidak semua
responden memberikan jawaban sesuai dengan pendapat sebenarnya, menyebabkan
tidak ditemukannya hubungan signifikan antara variabel-variabel yang diteliti.

Kata kunci : Terpaan Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale, Interaksi Teman Sebaya,
Persepsi Perilaku Konsumtif

Dosen Pembimbing: Adnjani, Made Dwi | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36626

Actions (login required)

View Item View Item