Nisa, Salma Syaidatun (2024) ANALISIS RESEPSI MASKULINITAS IKLAN SAMPO HEAD AND SHOULDERS VERSI BLOOPERS PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000102_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000102_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini menganalisis nilai maskulinitas dalam iklan sampo Head and
shoulders versi Bloopers serta memahami bagaimana mahasiswa Ilmu Komunikasi
Unissula meresepsi iklan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan analisis
resepsi dan paradigma kritis untuk memahami resepsi subjektif serta mengkritisi
dan berupaya mengubah struktur sosial yang tidak adil terkait representasi gender
dalam iklan. Pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan 5 informan
yang dipilih secara purposive dimana kategori untuk menentukan informan
diantaranya mahasiswa ilmu komunikasi, penonton iklan Head and shoulders,
sering melakukan aktivitas diluar ruangan, serta mengetahui aktor Joe Taslim dan
Fadil Jaidi. Penelitian ini menggunakan teori feminisme serta menggunakan metode
penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall
menjadi 3 kategori yaitu posisi dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi untuk
memahami bagaimana informan memaknai dan merespons nilai-nilai maskulinitas
yang disampaikan dalam iklan tersebut.
Kesimpulan penelitian bahwa beberapa informan menerima dan mengidentifikasi
dengan representasi maskulinitas dalam segi posisi dominan yaitu maskulinitas
dinilai dalam segi prestasi, seksualitas,serta kerjasama. Posisi negosiasi
maskulinitas dilihat dari segi kekuatan dan kemandirian. Sementara tidak ada yang
mengkritisi dan menolak standar gender yang stereotipikal tersebut masuk kedalam
kategori oposisi. Teori feminisme menekankan bahwa kita harus menghargai
keberagaman dalam aspek-aspek gender. Ini berarti bahwa tidak semua pria harus
menunjukkan kekuatan fisik atau ketangguhan sebagai satu-satunya cara untuk
menjadi maskulin. Ada banyak cara berbeda untuk menjadi pria, dan semuanya
seharusnya dihormati tanpa dibatasi oleh ekspektasi yang sempit atau stereotip.
terdapat keterbatasan dalam kekurangan yang terjadi selama penelitian yaitu
keterbatasan pada sumber data kurangnya referensi mengenai pandangan feminis
dan literature tentang maskulinitas pada iklan sampo secara spesifik.
Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi periklanan dalam merancang
iklan yang lebih inklusif dan sensitif terhadap isu-isu gender. Serta dapat
mendorong mahasiswa dan audiens yang lebih luas untuk mengembangkan
kesadaran kritis terhadap representasi media.
Kata Kunci: Nilai Maskulinitas, Iklan, Joe Taslim dan Fadil Jaidi, Analisis Resepsi,
Teori Feminisme.
Dosen Pembimbing: | Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:30 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |