Nismara, Rasendriya Safa (2024) STRATEGI PENYIAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO SWARA SEMARANG DI ERA DIGITAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000094_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000094_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Hadirnya era digital memunculkan media-media baru yang menciptakan
adanya persaingan antar media komunikasi, salah satunya Radio Swara Semarang
sebagai jaringan radio lokal yang mulai tergerus eksistensinya di era digital.
Eksistensi sebuah radio tidak terlepas dari peran para penyiarnya sebagai citra dan
personalitas dari radio yang diwakilinya. Semakin baik performa penyiar, citra
radio juga akan semakin meningkat dan mampu bersaing di tengah gempuran
media-media baru di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
apa saja yang dilakukan oleh penyiar Radio Swara Semarang sebagai ujung
tombak radio dalam mempertahankan eksistensi radio yang diwakilinya. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan paradigma
kontruktivisme dan teori retorika oleh Aristoteles. Teknik sampling yang
digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sample lima
penyiar Radio Swara Semarang dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam mempertahankan
eksistensi Radio Swara Semarang di era digital, penyiar Radio Swara Semarang
memiliki beberapa detail strategi yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya
masing-masing, namun semua penyiar Radio Swara Semarang memiliki strategi
yang mencerminkan mode ethos, logos, dan pathos. Para penyiar
mengimplikasikan strategi mereka dengan menerapkan etika serta memberikan
informasi yang kredibel dan tersusun. Selanjutnya, para penyiar menyajikan topik
siaran yang menarik dan relevan menyesuaikan dengan segmentasi program acara
yang dibawakan. Strategi yang membedakan radio dengan media lainnya adalah
penyiar Radio Swara Semarang membangun hubungan kedekatan dan melibatkan
para pendengar supaya terjadi komunikasi dua arah, bahkan memposisikan diri
mereka sebagai teman akrab para pendengar. Hal tersebut menciptakan kesan dan
ciri khas yang tidak akan didapatkan oleh pendengar di media lainnya. Dengan
adanya strategi yang dilakukan oleh para penyiar, loyalitas pendengar semakin
meningkat untuk tetap mendengarkan Radio Swara Semarang dan tetap
menjadikan Radio Swara Semarang sebagai sumber hiburan serta sumber
informasi terpercaya yang dibuktikan oleh Radio Swara Semarang yang masih
eksis hingga saat ini. Sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat
mengembangkan penelitian dengan lingkup yang lebih luas dan meneliti strategi
yang dilakukan oleh penyiar stasiun radio lainnya.
Kata Kunci: Strategi Penyiar, Eksistensi Radio, Era Digital, Teori Retorika
Dosen Pembimbing: | Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:25 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |