Ramadhina, Puja Tantra (2024) PENGARUH EFEKTIVITAS RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR AZARINE TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA FOLLOWERS AKUN X (twitter) @ReVeluvNESIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000088_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000088_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000088_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (123kB)

Abstract

Adanya peningkatan minat dan persaingan pasar di dunia kecantikan yang
semakin ketat menjadi latar berlakang dari penelitian ini, beberapa perusahaan
berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dalam memperkenalkan
produk mereka, berbagai cara dilakukan guna meningkatkan penjualan produk
dan citra perusahaan. Untuk meningkatkan citra serta penjualan produk sehingga
sesuai dengan yang diharapkan berbagai cara dilakukan oleh perusahaan, salah
satunya yaitu dengan penggunaan brand ambassador. Azarine menjadi salah satu
brand kecantikan yang menggandeng banyak tokoh populer sebagai brand
ambassador untuk memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen, hal
ini dilakukan sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Azarine
menggandeng girl band asal Korea Selatan yakni Red Velvet sebagai brand
ambassador mereka, hal ini berkaitan dengan semakin maraknya peminat kpop di
Indonesia, sehingga besar kemungkinan untuk Azarine menjangkau lebih banyak
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas Red
Velvet sebagai brand ambassador Azarine terhadap brand image dan minat beli
konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma
positivisme, serta mengacu pada Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).
Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang
merupakan pengikut akun Twitter @ReVeluvNESIA, menggunakan teknik
purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik
regresi linear sederhana dan uji parsial (uji-t), menggunakan aplikasi IBM SPSS
versi 29 sebagai alat analisis statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
brand ambassador, yaitu Red Velvet, terhadap brand image dan minat beli
konsumen terhadap produk Azarine. Pengujian validitas mengindikasikan bahwa
nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,196), menandakan bahwa instrumen
pengukuran valid. Kemudian, uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha lebih
besar dari Cronbach's alpha (0,60), sehingga dinyatakan reliabel. Analisis regresi
linear sederhana mengungkapkan bahwa variabel brand ambassador (X) memiliki
pengaruh positif terhadap brand image (Y1), dengan koefisien regresi X sebesar
0,639. Selanjutnya, variabel brand ambassador (X) juga berpengaruh positif
terhadap minat beli (Y2), dengan koefisien regresi X sebesar 0,628.
Kata kunci : Brand ambassador, Brand image, Minat beli

Dosen Pembimbing: Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36576

Actions (login required)

View Item View Item