Gading, Muara Prana (2024) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN IKLAN YOUTUBE SOFTEX DAUN SIRIH VERSI VOICE OF BACEPROT STORY (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000067_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000067_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000067_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerimaan mahasiswa UNISSULA
terhadap pesan iklan Softex Daun Sirih versi VoB Story yang tayang di YouTube.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana khalayak dapat
menerima dan memaknai pesan yang disampaikan melalui iklan yang ditampilkan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
paradigma interpretif, dengan menggunakan teori Resepsi oleh Stuart Hall. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi
terstruktur sebagai sumber primer dan studi Pustaka sebagai sumber sekunder.
Pengambilan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random
sampling dengan kualifikasi perempuan berusia 18-25 tahun, telah terpapar iklan
Softex dan merupakan mahasiswa UNISSULA. Data yang ditemukan kemudian
dianalisis menggunakan Teori Resepsi oleh Stuart Hall.
Menurut Stuart Hall, terdapat tiga posisi penerimaan, namun dalam
penelitian ini dari kelima informan ditemukan dua posisi. Terdapat empat informan
yang berada di negotiated position dan satu informan yang berada pada dominant
position dalam penerimaan mereka terhadap pesan iklan Softex Daun Sirih versi
VoB Story. Penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan yang dimiliki masingmasing

informan dipengaruhi oleh berbagai factor internal dan eksternal,
diantaranya adalah pengalaman, pengetahuan budaya dan konsumsi media. Hal ini
menandakan bahwa pemaknaan pesan oleh khalayak bersifat dinamis atau dapat
berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada diri individu. Selain itu dalam
penelitian ini informan memaknai pesan iklan dengan cukup baik. Terlihat
pemaknaan khalayak terhadap iklan Softex Daun Sirih versi VoB Story
menunjukkan persepsi positif terhadap Softex. Dengan mengangkat isu mengenai
perempuan, sebagai konsumen softex, kelima informan merasa dimengerti terkait
kesulitan yang dialami. Penelitian ini memiliki keterbatasan dimana informan
memiliki rentang usia yang hamper sama, sehingga memungkinkan kesamaan opini
atau latar belakang. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat memilih informan
dengan rentang usia dan latar belakang yang lebih beragam.
Kata Kunci : Isi Pesan, Iklan Softex, Resepsi

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36548

Actions (login required)

View Item View Item