Atussoliha, Mar (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN DAN KUALITAS KONTEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @VISITBELITONG TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH DESTINASI WISATA DI PULAU BELITUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000060_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000060_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000060_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (436kB)

Abstract

Kabupaten Belitung merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka
Belitung. Selain kaya akan sumber daya mineral seperti timah, juga memiliki
sumber daya ikan yang merupakan salah satu sumber penghidupan masyarakat
yang tinggal di wilayah pesisir. Tidak hanya itu, Pulau Belitung juga memiliki
berbagai macam destinasi wisata yang terkenal seperti pantai. Salah satu destinasi
wisata yang menjadi prioritas nasional adalah Pantai Tanjung Kelayang di Pulau
Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh terpaan konten dan kualitas konten akun media
sosial pada akun Instagram @visitbelitong terhadap keputusan memilih destinasi
wisata di Pulau Belitung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori SO-R

(Stimulus-Organism-Response). Penelitian ini menggunakan paradigma
Positivisme dengan metode Kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu Followers akun
Instagram @visitbelitong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisiensi regresi terpaan
konten (X1) yaitu 0,315 dan nilai F 29.720 serta nilai t hitung sebesar 5.452 dengan
signifikansi sebesar 0,001 0,05. Selanjutnya terdapat hubungan signifikan antara
variabel kualitas konten (X2) terhadap keputusan memilih (Y). Hal ini ditunjukkan
dari nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka H2 diterima. Nilai
koefisiensi regresi kualitas konten (X2) yaitu 0,655 dan nilai F 108.262 serta nilai t
hitung sebesar 10.405 dengan signifikansi sebesar 0,001 0,05 serta terdapat
hubungan signifikan antara variabel terpaan konten (X1) dan kualitas konten (X2)
terhadap keputusan memilih (Y). Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar
0,001 lebih kecil dari () 0,05 maka H3 diterima. Nilai koefisiensi regresi terpaan
konten (X1) yaitu 0,037 dan kualitas konten (X2) yaitu 0,691 dan nilai F 53.935
dengan signifikansi sebesar 0,001 0,05.
Kata kunci: Terpaan Konten, Kualitas Konten, Destinasi Wisata, Pulau
Belitung, Instagram

Dosen Pembimbing: Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36544

Actions (login required)

View Item View Item