Ariyani, Dwiky Febrianica (2024) PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK @SEAMAKEUP.ID DAN DAYA TARIK INFLUENCER JANES_CS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEA MAKEUP PADA GENERASI Z DI SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000033_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000033_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Sea Makeup distribusikan oleh PT Nayue Kosmetik Indonesia yang
merupakan merek kosmetik fokus pada produk yang diformulasikan khusus untuk
kulit berjerawat. Pemanfaatan media sosial tiktok menjadi alat pemasaran yang
kuat untuk mempromosikan produk dan meningkatkan visibilitas pada brand Sea
Makeup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Content
Marketing Tiktok @Seamakeup.id dan daya tarik Influencer Janes_Cs terhadap
minat beli produk sea makeup pada gen z di Semarang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme. Teori utama
yang digunakan pada penelitian ini yaitu Elaborasi Likelihood Model (ELM)
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada
100 responden yang merupakan generasi Z Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji T yang dilakukan pada
variabel Content Marketing (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif
terhadap variabel Minat beli (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t
hitung sebesar 5.100 > 1985. Variabel Daya Tarik Influencer (X2) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y) dengan nilai signifikansi
0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.161 > 1.985. Maka dari itu dapat
disimpulkan bahwa Daya Tarik Influencer berpengaruh signifikan terhadap
variabel Minat Beli (Y). Keterbatasan penelitian ini responden yang digunakan
hanya berfokus pada generasi Z yang berdomisili di Semarang, sehingga tidak
dapat digeneralisasikan pada generasi Z di daerah lain. Pada penelitian ini hanya
menggunakan data dari hasil kuesioner. Pengukuran data menggunakan kuesioner
memiliki beberapa kelemahan diantaranya responden tidak dapat memberikan
keterangan lebih lanjut karena jawaban terbatas pada hal-hal yang ditanyakan saja.
Maka dari itu untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah atau
mengganti variabel atau sampel penelitian terkait faktor atau efek lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Teori Elaborasi Likelihood Model (ELM), Content Marketing,
Daya Tarik, Minat Beli, Sea Makeup
vi
Dosen Pembimbing: | Kurdaningsih, Dian Marhaeni | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:24 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |