Kustiono, Dhylif Alvyan (2023) ANALISIS STRATEGI KREATIF PADA KONTEN YOUTUBE KOPEX GAMING DALAM MEMPERTAHANKAN AUDIENCE DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000027_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000027_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Kopex Gaming merupakan salah satu konten kreator yang memanfaatkan
media sosial sebagai platform untuk mempublikasi konten-kontenya dan mendapat
penghasilan. Akun YouTube Kopex Gaming mempunyai strategi kreaif untuk
mengelola konten-kontenya dengan tujuan mendapat audiens dan mempertahakan
audiensnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif dalam
mengelola konten YouTube Kopex Gaming untuk mempertahankan audiance di
kanal YouTubenya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan data
primer diperoleh melalui hasil wawancara mendalam dengan informan yaitu
pemilik kanal YouTube Kopex Gaming bernama Yassir Arafat serta data sekunder
diperoleh melalui dokumen, buku, dan studi pustaka yang berkaitan dengan
penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori model
Strategi Kreatif menurut Rusman Latief. Untuk menguji keabsahan data, penelitian
ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan teori
strategi kreatif menurut Rusman Latief, ditemukan bahwa Kopex Gaming berhasil
mempertahankan audiensnya melalui beberapa strategi utama. Kopex Gaming
mengikuti tren untuk menarik audiens baru, menciptakan ide konten yang relevan
dengan algoritma YouTube saat pembuatan konten. Pendekatan ini memungkinkan
Kopex Gaming menjangkau pasar yang lebih besar melalui konten viral. Dalam
pengembangan konten, Kopex Gaming mengadopsi pendekatan kreatif dengan
memodifikasi ide dari YouTuber lain. Metode brainstorming, SKAMPER,
digunakan untuk menghasilkan dan menggabungkan ide-ide baru guna mengatasi
tantangan menurunnya jumlah penonton dan memastikan konten tetap menarik
bagi audiens baru maupun yang sudah ada. Keterbatasan dalam penelitian ini
terletak pada jumlah informan yang mungkin tidak mencakup variasi yang lebih
luas dari pemahaman dan respon terhadap strategi kreatif dari Kopex Gaming.
Kemudian penelitian ini hanya berfokus pada media sosial YouTube, serta jangka
waktu yang dilakukan dalam penelitian ini sehingga tidak mencakup perubahan
atau perkembangan lebih lanjut dari strategi kreatif Kopex Gaming. Kemudian
untuk penelitian selanjutnya diharapkan melibatkan lebih banyak informan dengan
latar belakang yang lebih beragam serta dilakukan dengan jangka panjang untuk
mendapatkan gambaran yang lebih bervariasi tentang strategi kreatif dalam
pengelolaan konten kanal YouTube serta memberikan wawasan yang lebih dalam
tentang keberlanjutan dan efek jangka panjang dari strategi kreatif pengelolaan
konten Kopex Gaming dalam mempertahankan audiens.
Kata kunci: Pengelolaan Konten, YouTube, Strategi Kreatif
Dosen Pembimbing: | Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:30 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |