Rahmah, Arvinda Anjani (2024) Implementasi Workshop Wartawan Tahunan Sebagai Strategi Media Relations Corporate Communication PT United Tractors Tbk. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000020_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000020_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000020_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya implementasi strategi media
relations PT United Tractors Tbk dalam acara Workshop Wartawan Tahunan 2023.
Implementasi strategi media relations ini bertujuan untuk membangun hubungan
baik antara PIC (person in charge) komunikasi PT United Tractors Tbk dengan
para rekan media atau jurnalis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
bagaimana implementasi workshop wartawan tahunan sebagai strategi media
relation corporate communication PT United Tractors Tbk. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana implementasi workshop wartawan tahunan sebagai
strategi media relation corporate communication PT United Tractors Tbk. Strategi
media relations ini dirumuskan dengan tepat sesuai dengan acara yang
terselenggara. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
juga dokumentasi.
Dalam menganalisa data digunakan metode analisis deskriptif data kualitatif
oleh Denzim dan Lincoln. Paradigma yang dipakai adalah paradigma
konstruktivisme yang melibatkan peneliti dalam interaksi dengan pihak corporate
communication PT United Tractors Tbk. Teori yang menjadi landasan penelitian
ini adalah teori strategi media relation yang merujuk pada definisi Sholeh Sumirat
dan Teori Excellence yang merujuk pada definisi Grunig dan Hunt. Kesimpulan
dari penelitian ini menunjukan bahwa workshop acara tahunan berhasil menjadi
strategi media relation PT United Tractors Tbk untuk menjalin hubungan baik
dengan media melalui 6 strategi yakni By Serving the Media, By Establishing for
Reability, By Supplying Good Copy, By Cooperation in Providing Material, By
Providing Verification Facilities dan By Building Personal Relatioship with The
Media.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti hanya menetapkan 3
informan utama dan tidak ada informan tambahan. Selain itu, keterbatasan lain
adalah penggunaan teori excellence sebagai satu-satunya kerangka teori untuk
membatasi masalah yang diteliti. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk
memperluas cakupan teori yang digunakan. Hal ini pernting supaya memperoleh
pemahaman yang lebih menyeluruh dan mendalam tentang topik yang diteliti.
Kata kunci : Strategi media relation, workshop wartawan, public relations, media,
corporate communication

Dosen Pembimbing: Kurdaningsih, Dian Marhaeni | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36287

Actions (login required)

View Item View Item