RAMADHANTI, DEVY HIDAYATU RIZKA KUN (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTS NU MRANGGEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900035_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900035_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam
membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU Mranggen, untuk mendiskripsikan
bagaiaman perencanaan kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU Mranggen, dan untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran guru pendidikan agama (PAI)
dalam membina kegiatan keagamaan di Mts NU Mranggen. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif diperoleh
melalui wawamcara, observasi,dan dokumentasi. Peneliti menggunakan penerapan metode
triangulasi yaitu bentuk pengecekkan data sumber yang variatif, baik secara tahapan dan waktu.
Peneliti menggunakan 2 teknik triangulasi triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjuukan 1) Berbagai strategi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti
metode langsung, tidak langsung, interaktif, dan mandiri, menawarkan kekuatan dan tantangan
berbeda. Strategi langsung menyampaikan informasi secara terstruktur, sementara strategi tidak
langsung dan interaktif mendukung eksplorasi dan keterlibatan siswa. Strategi mandiri memperkuat
kemandirian siswa. Kombinasi strategi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis,
tetapi memerlukan evaluasi dan penyesuaian untuk efektivitas yang optimal. 2) Kegiatan keagamaan
di MTs NU Mranggen, baik wajib maupun ekstra kurikuler, mengintegrasikan nilai-nilai agama
untuk membentuk karakter dan spiritualitas siswa. Selain pembelajaran formal, aktivitas seperti doa
pagi, shalat berjamaah, dan tadarus Al-Qur’an memperkuat praktik agama sehari-hari. Kegiatan
ekstra kurikuler, seperti pelatihan shalat dan tilawatil Qur'an, menambah dimensi pembelajaran.
Evaluasi dilakukan untuk memastikan pencapaian akademis dan perkembangan karakter siswa. 3)
Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran PAI di MTs NU Mranggen meliputi dukungan
manajemen sekolah, motivasi siswa, dan dukungan orang tua. Faktor penghambat termasuk
keterbatasan waktu, sumber daya, dan resistensi terhadap metode tertentu. Untuk meningkatkan
efektivitas, perlu mengatasi kendala ini dengan menyediakan sumber daya yang memadai dan
mengelola waktu dengan baik.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Kegiatan Keagamaan
Dosen Pembimbing: | Samsudin, Samsudin and Sholihah, Hidayatus | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:09 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |