Sari, Nurlaela (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @ALFAMART_PROMOREMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000004_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000004_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000004_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (158kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah fenomena internet dan jejaring sosial di
Indonesia saat ini dimanfaatkan dengan munculnya berbagai peluang bisnis. Namun,
terjadi penurunan penjualan di bulan februari untuk promo yang ada di alfamart branch
Rembang. Untuk mengatasi hal tersebut alfamart branch Rembang melakukan strategi
promosi digital melalui instagram. Sehingga dibutuhkannya digitalisasi penjualan produk,
agar konsumen dapat mengenal dan melakukan pembelian produk. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan instagram sebagai media
komunikasi pemasaran digital pada akun instagram @alfamart_promorembang.
Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan
paradigma konstruktivisme. Dalam melakukan analisis pemanfaatan instagram dengan
menggunakan model sostac dan teori uses and gratification untuk analisis data dan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi.
Hasil penelitian menggunakan model sostac dan teori uses and gratification,
instagram @alfamart_promorembang digunakan sebagai alat pemasaran digital. Dimulai
dengan analisis situasi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman. Tujuan jangka panjang adalah meningkatkan engagement konten sehingga
lebih banyak konsumen mengetahui promo baru. Strategi pemasaran mencakup
segmentasi pasar, targeting konten, dan positioning akun dengan taktik seperti pembuatan
konten reels, penggunaan tautan promo, serta alat bantu seperti capcut dan canva. Diikuti
oleh action rencana kerja terstruktur dan control pengukuran efektivitas melalui fitur
insight instagram. Motif penggunaan sosial media instagram pada akun
@alfamart_promorembang yakni konsumen termasuk khalayak aktif dan motif sebagai
media informasi promo-promo yang ada di alfamart. Kepuasan konsumen termasuk
dalam gratification sought yakni informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan relevan.
Kesimpulannya adalah dalam penggunaan instagram sebagai media komunikasi
pemasaran digital membawa dampak peningkatan penjualan pada pembelanjaan secara
online yakni melalui aplikasi alfagift. Keterbatasan penelitian ini adalah keterbatasan
data yang digunakan dalam penelitian ini membuat hasil kurang maksimal karena
perizinan perusahaan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dapat melakukan
studi komparatif antara instagram dan media sosial lainnya seperti facebook, twitter, dan
tiktok untuk mengetahui platform mana yang paling efektif dalam meningkatkan
engagement dan penjualan.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Komunikasi pemasaran, Komunikasi Pemasaran Digital,
Instagram, Teori Sostac.

Dosen Pembimbing: Kurdaningsih, Dian Marhaeni | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36253

Actions (login required)

View Item View Item