Aziz, Muhammad Fadhal (2024) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN GIAT BELAJAR SISWA DI SD NEGRI 04 KANDANGAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800051_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800051_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800051_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (267kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa memiliki peran yang
sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya hubungan
yang baik dan komunikasi yang efektif, guru dapat memotivasi siswa untuk
belajar yang lebih giat dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan
giat belajar siswa. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
guru dalam proses komunikasi interpersonal kepada siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Perolehan data dari penelitian ini melalui Observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Komunikasi interpersonal
dianggap efektif untuk memberikan motivasi belajar pada siswa di SD
Negri 04 Kandangan Bawen, disebabkan komunikasi interpersonal ini tidak
hanya digunakan untuk mengajar saja tetapi digunakan untuk memberikan
stimulus-stimulus kepada siswanya agar siswanya bida dapat memahami
dengan mudah dengan diberikan contoh oleh gurunya, sehingga bisa
menunjukan hasil belajar yang efektif kepada gurunya.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Interpersonal, Guru, Giat Belajar
Siswa

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah and Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:31
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36179

Actions (login required)

View Item View Item