Ma’shum, Achmad Zahid (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PONCOHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000007_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000007_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000007_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran AIR berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SDN Poncoharjo Penelitian ini berbentuk pre-eksperimental design one-group pretest-posttest design menggunakan menggunakan teknik sampling jenuh dan nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Poncoharjo sebanyak 23 siswa. Instrument dalam penelitian berupa soal tes berbentuk esai yang terdiri dari 5 soal untuk pretest dan 5 soal untuk posttest. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan rata-rata yang diperoleh dari hasil pretest dan postest. Rata-rata sebelum diberi perlakuan (pretest) 38,9, sedangkan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sesudah diberi perlakuan (posttest) memperoleh nilai 64,9. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired t-test melalui SPSS statistics menyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang mengindikasi sig. (2-tailed) < α atau dapat ditulis 0,000 < 0,05. Sementara itu, nilai sig. (2-tailed) < α maka Ho mengalami penolakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil pretest dengan posttest artinya ada pengaruh penggunaan model AIR berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas V SDN Poncoharjo.
Kata Kunci: Model pembelajaran AIR, Pengaruh, Matematika, Kemampuan pemahaman konsep, Media wordwall

Dosen Pembimbing: Kusumadewi, Rida Fironika and Ismiyanti, Yulina | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:16
Last Modified: 09 Aug 2024 02:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35298

Actions (login required)

View Item View Item