APRILIANTO, EDWIN (2024) REPRESENTASI NILAI MORAL DAN SOSIAL PADA IKLAN KOPI KAPAL API VERSI “JINGLE BANGKIT BERSAMA” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000035_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000035_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Mayoritas iklan kopi di indonesia cenderung berfokus pada keunggulan
produk serta gaya hidup anak muda. Salah satu iklan kopi yang memiliki keunikan
tersendiri adalah kopi kapal api karena merepresentasikan nilai tertentu untuk
menarik perhatian dan menyentuh perasaan konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui representasi nilai moral dan sosial yang ada dalam iklan kapal
api versi “Jingle Bangkit Bersama” di televisi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat intepretatif untuk menjelaskan makna
nilai moral dan sosial di balik iklan tersebut. Penelitian ini dianalisis menggunakan
pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan triangle meaning
semiotics dan turunannya yakni sign, object dan interpretant.
Hasil Penelitian ini menunjukkan iklan kopi kapal api menggunakan
representasi tokoh-tokoh dari berbagai kegiatan untuk menunjukkan nilai moral dan
sosial, seperti semangat dan kebersamaan. Sign dalam iklan ini adalah
penggambaran tokoh-tokoh yang bersemangat dan beragam kegiatan mereka yang
mencerminkan fenomena sosial. Ini menunjukkan bahwa kapal api tidak hanya
ingin diingat sebagai produk, tetapi juga sebagai sumber motivasi bagi penonton
untuk mewujudkan impian mereka. Object yang ditampilkan adalah kegiatan
tokoh-tokoh yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti berbagi, mendidik,
membantu, dan sukarela memperbaiki fasilitas umum. Interpretant diperkuat
melalui suara narator yang tegas dan musik yang menggebu-gebu, yang
menciptakan stereotip bahwa semangat diidentikkan dengan sikap yang sigap dan
penuh energi. Kesimpulannya iklan ini mengkomunikasikan nilai-nilai positif
melalui simbol-simbol visual, narasi, dan musik yang memperkuat pesan semangat
dan kejuangan.
Kata Kunci : Representasi, Semiotika, Nilai Moral, Nilai Sosial, Kopi Kapal Api
Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:06 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |