Anifa, Iyana (2024) STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SD ISLAM BINTANG JUARA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000003_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000003_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000003_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya SD Islam Bintang Juara
Semarang dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah siswa agar dapat
mengahadapi persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat melalui
strategi promosi. Strategi promosi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan
meyakinkan konsumen akan manfaat dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan
atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
promosi jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SD Islam
Bintang Juara dan mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi promosi jasa
pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SD Islam Bintang Juara
Semarang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi,
dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif oleh Miles dan Huberman. Paradigma yang dipakai adalah paradigma
konstruktivis yang melibatkan peneliti dalam interaksi dengan pihak SD Islam
Bintang Juara Semarang.
Landasan teori yang digunakan adalah teori penyusunan tindakan dari Jhons
Greene. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi promosi yang
dilakukan SD Islam Bintang Juara Semarang adalah dengan menggunakan bauran
promosi yang terdiri dari penjualan pribadi, penjualan massal, promosi penjualan,
hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Keberhasilan strategi promosi jasa
pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa menunjukkan adanya
peningkatan jumlah siswa yang dilihat dari jumlah siswa per tahunnya dengan
strategi promosi yang paling efektif adalah word of mouth atau member get member
melalui kerja sama yang dilakukan dengan TK Islam Bintang Juara Semarang,
pelanggan jasa pendidikan SD Islam Bintang Juara Semarang, dan dokter tumbuh
kembang anak yang memberikan rekomendasi. Keterbatasan penelitian ini adalah
kurangnya teori dan informan yang digunakan, selain itu juga keterbatasan waktu
dan tenaga sehingga membuat penelitian masih kurang maksimal.
Kata kunci: Strategi promosi, jasa pendidikan, upaya meningkatkan jumlah
siswa.

Dosen Pembimbing: Kurdaningsih, Dian Marhaeni and Mashadi, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:22
Last Modified: 06 Aug 2024 07:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item View Item