Adhia, Huwaida (2024) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM KAMPANYE DIGITAL LAGU “DIRI” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU DEWASA AWAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801900042_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801900042_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
TULUS merupakan penyanyi dan penulis lagu dengan genre musik pop,
jazz, dan soul. Salah satu lagu dengan makna yang sangat relevan terhadap
kehidupan individu dewasa awal saat ini terdapat pada trek lagu ke delapan album
manusia, lagu dengan judul “Diri”.Penelitian ini menggunakan konsep semiotika
yang dikenalkan oleh Charles Sander Peirce. Peirce Penelitian ini menggunakan
tipe penelitian kualitatif dan studi deskriptif yang terfokus pada Self Esthem, Self
– esteem adalah penilaian terhadap diri sendiri.Penelitian ini menggunakan
konsep semiotika yang dikenalkan oleh Charles Sander Peirce. Objek pada
penelitian ini adalah kampanye digital Lagu “Diri” karya Tulus, dan subjek
penelitiannya adalah pendengar lagu “Diri” karya Tulus pada masa dewasa awal
yang berkaitan dengan self-esteem pada masing -masing individu.Kampanye
digital lagu Diri yang terdapat dalam media sosial Tiktok dan Instagram
memberikan kesadaran yang tinggi tentang self-esteem terhadap individu –
individu pada masa dewasa awal. Hal ini diketahui dengan kegiatan wawancara
yang diakukan oleh penulis dengan para infroman yang terpilih dan sedang dalam
masa dewasa awal. Pernyataan informan juga menjelaskan bahwa lagu Diri karya
Tulus beserta kontennya pada media sosial Tiktok dan Instagram Reels berhasil
meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya self-esteem pada individu dewasa
awal seperti pada masa yang sedang dialami oleh para informan tersebut.
Kampanye digital lagu “Diri” dalam meningkatkan kesadaran pentingnya self-
esteem pada individu dewasa awal yang dianalisis menggunakan model analisis
semiotika Charles Sanders Peirce. Kampanye digital lagu Diri yang terdapat pada
media sosial Tiktok dan Instagram Reels rata – rata dihasilkan oleh fans Tulus
atau pendengar lagu Tulus yang hendak menyampaikan pesan – pesan yang
relevan dengan lagu Diri untuk para pengguna media sosial Tiktok dan Instagram.
Kata Kunci : Semiotika, Kampanye Digital, Lagu Diri, Self-Esteem, Individu
Dosen Pembimbing: | Marhaeni, Dian and Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:16 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:16 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |