Husaini, Ahmad (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS EDUCATIONAL ADVENTURE GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_fullpdf.pdf

| Download (6MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis educational adventure game terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV materi Hak dan Kewajiban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis educational adventure game terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design). Berdasarkan hasil uji hipotesis, di SDN 1 Jeketro menunjukkan bahwa nilai thitung = 7.305> ttabel = 2,017 dengan taraf signifikansi 95% dengan a = 0,01. Sedangkan hasil analisis untuk Uji-t pada kelas responden di SDN 1 Saban menunjukkan bahwa nilai thitung = 7.205> ttabel = 2,017 dengan taraf signifikansi 95% dengan a = 0,02. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajraan Value Clarification Technique Berbasis Educational Adventure Game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa terdapat pengauh pada mata pelajaran pancasila
Kata Kunci : Value Clarification Technique, Educational Adventure Game, dan Pendidikan Pancasila.

Dosen Pembimbing: Afandi, Muhamad and Ismiyanti, Yulina | nidk211313015, nidk211314022
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 06:06
Last Modified: 06 Jul 2024 06:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34470

Actions (login required)

View Item View Item