Husen, Rafi Bachtiar Ramadhan (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA BPJS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CIWARU KAB. KUNINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Preview |
Text
Ilmu Hukum_30302000261_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Hukum_30302000261_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Puskesmas mempunyai arti penting untuk memberikan pelayanan
kesehatan ataupun pelayanan medis terhadap pasien. Pelayanan kesehatan di
puskesmas adalah suatu hal yang sangat penting dan harus dijaga dengan
meningkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku supaya
masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan terbaik yang akan diberikan oleh
puskesmas. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengetahui prosedur
pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas
Ciwaru Kabupaten Kuningan, perlindungan hukum terhadap pasien pengguna
BPJS Kesehatan dalam pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten
Kuningan serta Upaya Hukum yang dapat dilakukan oleh pasien pengguna BPJS
Kesehatan apabila haknya tidak terpenuhi oleh Puskesmas Ciwaru Kabupaten
Kuningan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis
sosiologis dengan menggunakan data primer dan data skunder. Metode
pengumpulan data primer menggunakan observasi dan wawancara sedangkan
metode data sekunder menggunakan studi dokumentasi dan studi kepustakanaan.
Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah berupa prosedur pelaksanaan
pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas
Ciwaru Kabupaten Kuningan dari awal mendaftar sampai dengan ke dalam ruang
rawat. Setelah itu, hasil penelitan yang diperoleh selanjutnya ialah prosedur
pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan dapat
dikatakan cukup baik, karena masih tedapat beberapa keluhan pasien BPJS seperti
kurangnya ketersediaan obat, pelayanan kesehatan kurang baik, serta jadwal menunggu
pasien berobat dapat dikatakan pasien cukup lama untuk menunggu. Pengaturan hukum
terkait dengan perlindungan hukum bagi pasien BPJS terhadap pelayanan
kesehatan di Puskesmas di antaranya Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 24 Tahun
2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Upaya hukum yang
dapat dilakukan oleh pasien BPJS apabila haknya tidak terpenuhi oleh puskesmas,
dapat mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan,
menggugat dan/atau menuntut puskesmas apabila puskesmas diduga memberikan
pelayanan yang tidak sesuai dengan standar, serta Upaya Hukum yang dapat
ditempuh oleh pasien BPJS Kesehatan yakni melalui Jalur Non Litigasi
(Musyawarah atau Mediasi) dan Jalur Litigasi (Pengadilan).
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pengguna BPJS Kesehatan, Puskesmas.
Dosen Pembimbing: | Adillah, Siti Ummu | nidn0605046702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 May 2024 06:47 |
Last Modified: | 10 May 2024 06:47 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |