Sholihah, Anissa Amaliya (2023) HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Psikologi_30701900025_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30701900025_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30701900025_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30701900025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara citra tubuh dengan
kepercayaan diri pada siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 102 siswa.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dua jenis skala yaitu skala citra
tubuh yang terdiri dari dari 33 aitem dengan nilai reliabilitas sebesar 0,948 dan skala
kepercayaan diri yang terdiri dari 37 aitem dengan nilai reliabilitas sebesar 0,903.
Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data Product Moment dan Uji Sample
T-Test. Hasil uji hipotesis pertama memperoleh skor rxy = 0,496 dengan taraf
signifikansi 0,000 (p < 0,01). Hal ini menjukkan bahwa terdapat hubungan antara
citra tubuh dengan kepercayaan diri. Hipotesis kedua memperoleh nilai F = 0,964
dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat
perbedaan citra tubuh antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hipotesis ketiga
memperoleh nilai F = 1.521 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan diri antara siswa laki-laki dan
siswa perempuan.

Kata Kunci : Citra Tubuh, Kepercayaan Diri

Dosen Pembimbing: Falah, Falasifatul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:20
Last Modified: 24 Oct 2023 02:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32214

Actions (login required)

View Item View Item