Ulinnuha, Mohamad (2023) MARKETING STRATEGY WITH SWOT APPROACH (CASE STUDY: WALET KOFIE). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
![]() |
Text
Teknik Industri_31601601314_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Teknik Industri_31601601314_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Situasi penurunan pemasaran dan penjualan pada Kedai Walet Kofie, yang
disebabkan oleh persaingan ketat dengan sesama kedai kopi, memerlukan analisis
mendalam dan perumusan strategi yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah: untuk
mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal dan merumuskan strategi
pemasaran yang tepat untuk mengembangkan Walet Kofie. Metode penelitian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Kendal, yaitu
di Kedai Kopi Walet Kofie. Subjek dalam penelitian ini, meliputi: penikmat kopi,
manajemen kedai Walet Kofie dan akademisi. Pengumpulan data dengan
pengamatan langsung, wawancara, pengisian kuesioner. Analisa data menggunakan
analisis deskriptif, analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, Threats)
untuk merumuskan langkah-langkah strategi pemasaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor internal sebagai strategi pemasaran dengan kekuatan
utama dalam perusahaan adalah ketersediaan fasilitas lengkap (wifi, toilet,
mushola), namun kelemahan utama adalah sarana promosi yang belum maksimal.
Sedangkan faktor luar sebagi peluang untuk menyusun strategi pemasaran yaitu
membangun hubungan dengan pelanggan, sedangkan ancaman utama yang dimiliki
Walet Kofie terdiri dari tiga yaitu: tingkat persaingan kedai kopi yang tinggi, rating
buruk dari konsumen, dan perubahan tren pasar. Strategi alternatif yang digunakan
Strategi S-T (Strengths-Threats) yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk
mengatasi ancaman. Walet Kofie perlu fokus pada penguatan dan pemanfaatan
kekuatan-kekuatan yang dimilikinya, sekaligus menghadapi dan mengatasi
ancaman-ancaman yang ada, yang terdiri dari enam langkah: pengembangan menu
kreatif dan variative; ekspansi produk non kopi; program loyalty dan promosi;
peningkatan kualitas pelayanan; penyesuaian dengan perubahan cuaca; ekspansi ke
lokasi baru atau bermitra dengan ojek online.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, dan SWOT, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Dosen Pembimbing: | Fatmawati, Wiwiek and Marlyana, Novi | nidn0622107401, UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:55 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |