Binlasoy, Thanutchai (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM STUDI AGAMA ISLAM B.E.2546 (REVISI B.E.2555) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MAHAD MISBAHUDDIN, NAKHON SI THAMMARAT, THAILAND. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900141_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900141_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900141_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (52kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum
Studi Agama Islam (KSAI) dan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Mahad Misbahuddin di Nakhon Si
Thammarat, Thailand. Kajian ini berupaya untuk mendapatkan pemahaman yang
mendalam tentang pengalaman dan perspektif guru dan siswa terkait penerapan
KSAI pada mata pelajaran PAI di sekolah tersebut. Data akan dikumpulkan melalui
wawancara mendalam dengan guru dan siswa, observasi kegiatan belajar mengajar
di kelas, dan analisis dokumen materi kurikulum. Para peserta akan dipilih secara
purposive dari Sekolah Mahad Misbahuddin.

Temuan penelitian akan memberikan gambaran tentang efektifitas KSAI dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran PAI di Sekolah Mahad
Misbahuddin. Studi ini juga akan menyoroti tantangan dan peluang yang dihadapi
oleh guru dan siswa dalam mengimplementasikan KSAI. Hasil penelitian akan
menginformasikan rekomendasi untuk meningkatkan implementasi KSAI pada
mata pelajaran PAI dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah Islam di
Nakhon Si Thammarat, Thailand. Dalam proses pelaksanaan KSAI dapat
disimpulkan bahwa Sekolah Mahad Misbahuddin telah menerapkan KSAI dalam
pembelajaran, menyesuaikan kurikulum dengan kondisi dan situasi siswa sehingga
siswa dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan nyata namun
kemampuan guru PAI untuk memahami kurikulum terbatas. Guru menghadapi
berbagai kendala seperti keterbatasan dan ketidakmampuan dalam mengelola
kelasnya, siswa bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, guru
kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan berbagai
bahan pembelajaran. Mengenai kualitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI
Sekolah Mahad Misbahuddin dapat disimpulkan dari beberapa indikator seperti
komponen proses pembelajaran, meliputi perencanaan, proses pembelajaran, dan
penilaian pembelajaran.

Kata kunci: implementasi; kurikulum; kualitas pembelajaran

Dosen Pembimbing: Muflihin, Ahmad | nidn0612049002
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:22
Last Modified: 11 Oct 2023 04:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item View Item