Amin, Muhammad Safiul (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN PIDATO UNTUK PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS ASYSYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900088_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900088_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada lembaga
Pendidikan yang peneliti jadikan sebagai tempat penelitian, yaitu di MTs Asy –
Syarifah Brumbung Mranggen Demak, dimana terdapet masalah yaitu :
kurangnya pemahaman pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah
pertama Untuk mengetahui praktek kegiatan pidato di MTs Asy – Syarifah
Brumbung Mranggen Demak. Kedua untuk mengetahui implementasi kegiatan
pidato terhadap pemahaman Pendidikan Agama Islam di MTs Asy – Syarifah
Brumbung Mranggen Demak. Adapun sumber data yang digunakan dalam
penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : (1) Sebelum program pidato dilaksanakan, pengurus
OSIS melakukan sosialisasi kepada kelas VII dan VIII sesuai perintah dan
arahan waka kesiswaan. Sosialisasi tersebut dilakukan pada saat Masa Orientasi
Siswa (MOS) untuk menginformasikan program pidato dengan baik. Dalam
sosialisasi tersebut OSIS menjelaskan bahwa program pidato dilaksanakan
setiap hari Sabtu pada jam ke VII dan VIII setelah kegiatan KBM selesai. Selain
itu OSIS juga menjelaskan tugas siswa kelas VII dan VIII dalam pelaksanaan
pidato tersebut. tugas siswa dalam pelaksanaan pidato meliputi pembawa acara
(MC), pembaca ayat suci Al-Qur’an (tilawah), pembaca arti Al-Qur’an (sari
tilawah), dan yang berpidato (pemateri). (2) Pada pelaksanaan pidato yang
pertama kali siswa kelas VII dan VIII tidak langsung praktek, melainkan
digunakan untuk pembentukan kelompok dan pembuatan tata tertib atau
peraturan serta sanksi, dengan didampingi oleh Dewan Guru yang bertugas.
Pembuatan kelompok dilakukan secara acak. Setiap kelompok terdiri dari 4
sampai 5 anak yang nantinya akan bertugas secara bergantian setiap minggunya.
(3) Dewan guru bimbingan konseling juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan
untuk mengatur kegiatan . Dalam program pidato dibagi menjadi dua bagian
yaitu sebagai penanggung jawab kelas, bertugas mengawasi pelaksanaan pidato
dari awal sampai dengan selesai, memberikan evaluasi, motivasi atau arahan,
dan saran untuk para petugas pidato agar lebih bersemangat dan kedepannya
dapat tampil lebih bagus lagi.
Kata Kunci : : Implementasi, Pidato, Pemahaman, Pendidikan Agama Islam
Dosen Pembimbing: | Sholeh, Muhammad Muhtar Arifin | nidn0623126401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:16 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |