Hidayad, Muhammad (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MI AL MAFTUHAH KARANGSARI KARANGTENGAH DEMAK TAHUN AJARAN 2022/20223. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900080_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900080_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru pada mata
pelajaran Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas IV di MI AL-Maftuhah
Karngsari Karangtengah Demak Tahun 2022/2023 dan untuk mengetahui
bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghalang bagi guru dalam mengelola
keas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI AL-Maftuhah.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif Penelitian dilakukan
pada saat interaksi berlangsung di lapangan. Peneliti mengamati, mencatat,
mempertanyakan, menggali sumber-sumber yang berkaitan erat dengan peristiwa
yang terjadi pada saat itu. Lokasi penelitian Mi Al-Maftuhah Ds. Karangsari kec.
Karangtengah Kab. Demak Rt 02 Rw 02 Gebyok. Jenis dan sumber data yang
digunakan yakni primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi
teknik dan sumber.
Peneliti menyatakan bahwa Seorang guru yang menguasai kompetensi pedagogik
akan mudah dalam mengelola kelas dan akan mudah dalam menghadapi faktorfaktor
pendukung dan faktor-faktor penghalang dalam pengelolaan kelas,
khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.
Hasil penelitian menyatakan dalam mengelolaa kelas guru menggunakan cara
pengaturan tempat duduk, dan penataan ruangan guna memudahkan guru dalam
mengelola kelas. Dan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolan kelas di Mi
Al-Maftuhah khususnya wali kelas IV dan guru mata Pelajaran Akidah Akhlak
sudah sangat baik, hal ini sesuai apa yang ditemui peneliti dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan guru sudahlah sangat baik dan efektif, guru dapat
mengendalikan kelas, guru dapat menjadikan kelas yang interaksi dan guru dapat
menyampaikan materi dengan baik kepada siswa. Dan didalam faktor pendukung
dan faktor pengalang dalam pengelolaan kelas terdapat banyak faktor pendukung
dan penghalang yaitu faktor pendukung pemahaman guru dalam memahami
materi,keahlian guru dalam mengelola kelas, lingkungan kelas yang kondusif,
luasnya ukuran ruangan kelas, tata letak tempat duduk, dan kedisiplinan, hubungan
baik antara siswa dan guru. Dan sedangkan faktor penghalang tidak disiplinnya
siswa, ganguan antar teman, konflik antar teman, dan terbatasnya waktu dalam
kegiatan pebelajaran. Guru yang dapat menghadapi faktor pendukung dan
penghalang akan bisa menciptakan kelas yang baik dan efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Pengelolaan Kelas, Akidah Akhlak
Dosen Pembimbing: | Sholihah, Hidayatus | nidn0617038005 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:13 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |