Kamila, Laela (2015) THE EFFECTIVENESS OF SUMMARY WRITING STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS (A Quasi Experimental Research on the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 6 Semarang in the Academic Year 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari penggunaan strategi
menulis ringkasan untuk meningkatkan pemahaman membaca text exposisi
analitis pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi
ekperimen non-ekuivalen kontrol grup. Sebanyak dua kelas dari populasi
digunakan sebagai sampel pada penelitian ini yaitu sebagai kelas experimen and
kelas kontrol. Ada tiga aktivitas dalam penelitian ini yaitu pretest, perlakuan dan
posttest. Kelas ekperimen mendapatkan pembelajaran tentang ekposisi analitis
dengan menggunakan stra� � • � �lis ringasan sebanyak 4 kali pertemuan,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran dengan materi yang sama
namun dengan menggunakan startegi menjawab soal tes sebanyak 4 kali.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa pada
text exposisi analitis adalah satu set soal pilihan ganda, satu set soal pretest
sebanyak 20 butir soal sedangkan posttest sebanyak 40 butir soal. Hasil rata-rata
nilai dari pretest and posttest kelas eksperimen adalah 63.33 dan 88.52, sedangkan
rata-rata nilai kelas kontrol adalah 62.24 dan 79.40. Tiga tahapan analisis
digunakan untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, yaitu uji normalitas tes (one
sample Kolmogorov Smirnov test), uji homogenitas dan uji t dua sample
independen. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukan semua data
normal dan homogen. Hasil dari uji t pada nilai pretest dari kelas ekperimen dan
kelas kontrol menunjukan tidak ada perbedaan signifikan (t = 0.335, Sig. (2 tailed)
= 0.739) dan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest dari kedua
kelas (t = 8.102, Sig. (2 tailed) = 0.000). Kelas ekperiment mendapatkan nilai
posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai dari kelas kontrol. Hasil dari
penelitian ini adalah penggunaan strategi menulis kesimpulan efektif untuk
meningkatkan kemampuan membaca text exposisi analitis pada siswa kelas XI.
.
Kata kunci: strategi menulis ringkasan, exposisi analitis, kemampuan membaca
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 06:53 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 06:53 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |