Habiburrohman, Miftah Maulana (2023) PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS METODE AL-MIZAHAL-MIFTAHIYYAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
| 
              
Text
 Pendidikan Agama Islam_31502100001_fullpdf.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Pendidikan Agama Islam_31502100001_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only  | 
          
Abstract
Pendidikan Islam berwawasan kebangsaan adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa  dipisahkan  dan  elemen  penting  dalam  menjaga  persatuan  dan  kesatuan bangsa,  apalagi  di tengah  gempuran  paham-paham  transnasional  yang menjadi virus  berbahaya  dalam  kontestasi  berbangsa  dan  bemegara,  maka  Pendidikan Islam berwawasan kebangsaan sangat diperlukan. Dalam proses pembelajaran kadang penyampaian  materi wawasan kebangsaan cenderung membosankan  dan kurang menarik, apalagi ditambah konten materi yang sulit untuk dipahami, maka harus ada terobosan  dalam penyampaian  pendidikan  Islam berwawasan kebangsaan. Dalam hal ini peneliti  akan menawarkan  suatu metode baru dalam Pendidikan Islam berbasis metode al-Mizah al-Mifiahiyyah.
Penelitian  ini bertujuan  untuk mengelaborasi  pelaksanaan  pendidikan  Islam berwawasan  kebangsaan  dengan metode al-Mizah al-Miftahiyyah. Penelitian ini memiliki  beberapa  rumusan  masalah  yang  harus  dijawab,  yaitu,  bagaimana konsep   pendidikan   Islam   berwawasan   kebangsaan,   bagaimana   pendidikan berbasis metode al-Mizah al-Miftahiyyah, dan terakhir apa saja faktor pendukung dan penghambat  pendidikan  Islam berwawasan  kebangsaan  berbasis metode  al• Mizah al-Mifiahiyyah.
Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa konsep pendidikan  Islam berwawasan berbasis metode al-mizah al-miftahiyyah mencakup pendidikan cinta tanah air dan pendidikan   Pancasila,  kebinekaan,  toleransi  dan  menghormati   local  wisdom. Metode yang digunakan  di sini menggunakan  humor, cerita, menyanyi, dengan permainan, dan yang khas adalah adanya muqtadha al-hal atau kontekstualisasi dalam pelaksanaannya. Kemudian metode ini dilaksanakan secara dialogis. Dalam metode ini,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama, kelebihan metode ini, peserta  didik  akan mampu  mencapai  hasil  maksimal, peserta  tidak mudah mengalami  kejenuhan dalam belajar  dan ada  interaksi edukatif antar guru dan murid. Adapun kelemahannya, diantaranya adalah, bahwa tidak semua pendidik mampu   menerapkan    hal   itu,   kemudian   kesesuaian    metode    dan   materi pembelajaran  atau tidak  universal,  dan membutuhkan  durasi  waktu yang  lebih panjang dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Wawasan Kebangsaan dan Metode Al-Mizah Al• Miftahiyyah
| Dosen Pembimbing: | FARHAN, MOH | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:16 | 
| Last Modified: | 10 Aug 2023 04:16 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30458 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
