Erlinda, Ika (2023) HUBUNGAN PERAN PENDIDIK KLINIS DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KLINIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901900085_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901900085_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901900085_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901900085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (136kB)

Abstract

Latar Belakang: Peran pembimbing klinik yang baik akan menentukan bentuk
pencapaian kompetensi pembelajaran khususnya untuk kegiatan praktik di rumah
sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan peran
pendidik klinis dengan pelaksanaan Pendidikan klinis makasiswa profesi ners.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 75
responden dengan Teknik total sampling. Data yang di peroleh diolah statistic
dengan uji Spearman Rank.

Hasil: Hasil analisa bahwa dari 75 responden,Sebagian besar memiliki
karateristik umur 22 tahun sebanyak 76,0 %, dengan karateristik jenis kelamin
perempuan 96,0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik klinis
baik (50,7% ), dan pelaksanaan Pendidikan klinis baik (49,3%). Hasil uji statistik
di peroleh nilai p-value 0,000 yang artinya terdapat hubungan peran pendidik
klinis dengan pelaksanaan pendidikan klinis.

Simpulan: Adanya hubungan dari penelitian ini dengan hasil korelasi kedua
variabel tersebut di hasilkan 0.698 yang di artikan kuat.

Kata Kunci: Pelaksanaan Pendidikan klinis, Peran pendidik klinis

Daftar Pustaka: 50 (1996-2022)

Dosen Pembimbing: Wiji Puspitasari, Dyah and Issroviatiningrum, Retno | nidn0622078602, nidn0604038901
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:22
Last Modified: 27 Jul 2023 06:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item