Khafidhin, Ali (2015) THE USE OF JIGSAW TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SKILL IN WRITING NARRATIVE TEXT (An Experimental Research in the Second Grade Students of SMAN 2 Mranggen in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (155kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penggunaan jigsaw technique dalam
mengajar writing bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah penggunaan jigsaw technique efektif atau tidak untuk meningkatkan
kemampuan menulis (writing) siswa.
Desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimental. Penelitian ini di
laksanakan di SMAN 2 Mranggen yang berlokasi di Jln. Pucang Peni Raya,
Mranggen, Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 2 Mranggen tahun
ajaran 2015/2016 dengan jumlah sebanyak 108 siswa. Non-equivalent groups
pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini. Dua kelas digunakan
sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre-test,
treatment dan post-test.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas
percobaan adalah 68.06 dan di kelas kontrol adalah 58.75. setelah diberikan
perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan
adalah 72.08 dan dikelas kontrol adalah 64.64. Hasil tersebut menunjukkan bahwa
ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis ttest

hasil perbandingan post-test antar kelas percobaan dan kelas control bahwa
sig(2-tailed) 0.006 lebih kecil dari pada 0.05. Dapat disimpulkan bahwa dapat
diterima. Sehingga, penggunaan jigsaw technique efektif untuk meningkatkan
kemampuan menulis siswa.

Kata kunci: Jigsaw Technique, Mengajar Menulis untuk teks Narasi.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:04
Last Modified: 16 Feb 2016 06:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item View Item