Wahyu Pradana, Angger (2022) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMK TAMANSISWA KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Psikologi_30701800013_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30701800013_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30701800013_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30701800013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri
dengan kepercayaan diri pada siswa SMK Tamansiswa Kudus. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tamansiswa Kota Kudus dengan
sampel sebanyak 105 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik
studi populasi. Alat ukur penelitian ini terdiri dari 2 skala. Skala pertama adalah
skala kepercayaan diri terdiri dari 34 aitem dengan reliabilitas sebesar skala 0,911.
Dan skala kedua adalah skala konsep diri yang terdiri dari 27 aitem dengan
reliabilitas sebesar skala 0,893. Analisis data menggunakan teknik analisis
korelasi product moment. Hasil uji korelasi antara kepercayaan diri dengan
konsep diri diperoleh rxy sebesar 0,886 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,05)
yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri
dengan konsep diri pada siswa-siswi SMK Tamansiswa Kudus. Apabila
kepercayaan diri semakin tinggi, maka tinggi juga konsep diri, sebaliknya,
semakin rendah kepercayaan diri, maka semakin rendah pula konsep diri yang
dimiliki siswa-siswi di SMK Tamansiswa Kudus.

Kata Kunci: kepercayaan diri, konsep diri.

Dosen Pembimbing: Abdurrohim, Abdurrohim | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:50
Last Modified: 12 Jun 2023 06:50
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28881

Actions (login required)

View Item View Item