Nur Aini, Farida (2022) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA MA RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Psikologi_30701700033_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30701700033_fullpdf.pdf

| Download (997kB)
[thumbnail of Psikologi_30701700033_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30701700033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (203kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN KECERDASAN
EMOSI PADA SISWA MA RIYADLOTUT
THALABAH SEDAN REMBANG
Farida Nur Aini
Fakultas Psikologi
Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Email: afaridanuraini4@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan
kecerdasan emosi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang
dilakukan pada 155 siswa kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang sebagai
subjek penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random
sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala pola asuh
otoriter yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,831 dan skala
kecerdasan emosi yang terdiri dari 15 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar
0,729. Hasil uji korelasi Spearman’s rho antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan
emosi diperoleh skor rs -0,263 dengan p= 0,001 (p<0,01), yang artinya terdapat
hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosi
pada siswa maka hipotesis pada penelitian dapat diterima.
Kata kunci: Pola asuh otoriter, kecerdasan emosi, siswa

Dosen Pembimbing: Rohmatun, Rohmatun | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:37
Last Modified: 12 Jun 2023 06:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item