Inawati, Eni (2023) HUBUNGAN TINGKAT FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGEMAR KOREAN POP KOMUNITAS NCT FANS CLUB (NCTZEN) DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Psikologi_30701501643_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30701501643_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30701501643_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30701501643_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat fanatisme terhadap
perilaku konsumtif remaja penggemar Korean Pop komunitas NCT fans club
(Nctzen) di Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 238 orang dengan
sampel 86 remaja anggota aktif. Teknik pengambilan data menggunakan skala
psikologi yaitu skala perilaku konsumtif dan skala fanatisme, skala perilaku
konsumtif terdiri dari 32 aitem dengan rentang daya beda tinggi 0,304-0,717
dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,901. Skala fanatisme terdiri dari 32 aitem
dengan rentang daya beda tinggi 0,308-0,727 dan koefisien reliabilitas sebesar
0,908. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product
moment. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rxy= 0,775 dengan taraf p= 0,000 (p <
0,01). Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara tingkat fanatisme
dengan perilaku konsumtif penggemar Korean Pop dapat diterima. Sumbangan
pengaruh fanatisme untuk perilaku konsumtif sebesar 57% dilihat dari R Squared
0,570.

Kata Kunci : Konsumtif, Fanatisme

Dosen Pembimbing: Putu Shanti, Luh | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:16
Last Modified: 06 Jun 2023 03:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28845

Actions (login required)

View Item View Item