Aini, Nurul (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PKN RANAH KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SDN JATINGALEH 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (288kB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara keterampilan
komunikasi guru terhadap hasil belajar Pkn ranah kognitif dan minat belajar peserta
didik kelas dua SD Negeri Jatingaleh 01. Disekolah, kompetensi guru dalam hal
komunikasi belum ditekankan, sehingga masih terdapat guru yang kurang terampil
dalam berkomunikasi, terdapat pula peserta didik yang memperoleh nilai PKn
dibawah standar ketuntasan dan rendahnya minat belajar peserta didik kelas dua.
Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan guru ketika proses pembelajaran
peserta didik tidak memperhatikan penjelasan guru, kurang antusias dalam belajar
dan mengalami ketertinggalan dalam belajar. Dalam penelitian menggunakan
metode kuantiatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket/kuisioner yang dibagikan kepada peserta didik.
Adapun sampel yang digunakan sebanyak 48 peserta didik. Analisis data dalam
penelitian meliputi uji validitas instrumen dengan perolehan nilai rata-rata yang
menunjukkan hasil valid, lalu uji normalitas dan linaeritas sebagai syarat
dilakukannya uji hipotesis. Uji hipoesis yang dilakukan menggunakan korelasi
product moment pada variabel keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar
PKn dengan perolehan nilai signifikansi 0,543 > 0,05 dengan dasar pengambilan
keputusan apabila nilai signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, maka
tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru
terhadap hasil belajar PKn ranah kognitif peserta didik kelas dua SDN Jatingaleh
01. Sedangkan pada hasil uji korelasi pada variabel keterampilan komunikasi guru
terhadap minat belajar diperoleh nilai sig. 0,0003 < 0,05 artinya terdapat hubungan
yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru dengan minat belajar PKn
peserta didik kelas dua di SD Negeri Jatingaleh 01.
Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Minat Belajar, PKn

Dosen Pembimbing: Yustiana, Sari and Sari, Yunita | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2023 02:48
Last Modified: 31 May 2023 02:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28724

Actions (login required)

View Item View Item