Nurullita, Irma (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUWATU KECAMATAN GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (102kB)

Abstract

Rendahnya kualitas Pendidikan di Indonesia sehingga pemerintah berupaya
untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara melakukan penyempurnaan pada
kurikulum 2013. Penyempurnaan tersebut salahsatunya dilakukan dengan menerapkan
pembelajaran yang menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun
dalam penerapannya di sekolah sebagian besar siswa menganggap bahwa soal-soal
yang berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah soal-soal yang sulit
diselesaikan. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi adalah kemampuan berpikir dengan
tingkatan yang lebih kompleks dalam mengolah suatu informasi yang bukan hanya
mengingat, menyatakan kembali dan juga merujuk tanpa pengolahan, akan tetapi
kemampuan berpikir untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif dan mampu
memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa Kelas V SD Negeri 1 Suwatu dalm menyelesaikan soal
Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi
dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
kelas V SD Negeri 1 Suwatu dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia belum
mencapai kriteria minimum dan masih tergolong rendah.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
siswa Sekolah Dasar.

Dosen Pembimbing: Nuridin, Nuridin and Ismiyanti, Yulina | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:55
Last Modified: 29 May 2023 06:55
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item