Mistia Ayu Kartika, Hardella (2023) TEACHER BELIEF DAN PRAKSIS GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI SEDO 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900033_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900033_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian berfokus pada bagaimana teacher belief dan praksis guru
dalam implementasi kurikulum merdeka. Kurangnya waktu dalam beradaptasi
dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka serta tuntutan dari pemerintah
membuat guru memiliki berbagai kendala dalam mengimplementasikan
kurikulum merdeka dalam pembelajaran terutama dalam keyakinan dan praksis
guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian adalah
untuk mendeskripsikan teacher belief dalam implementasi kurikulum merdeka
dan praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang
guru yaitu guru kelas 1 dan guru kelas 2 di SD Negeri Sedo 1. Metode
pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa teacher belief bukan
hanya sekedar kedudukan sebagai guru dalam memahami kurikulum merdeka
melainkan kesesuaian antara perkataan dan pelaksanaan kurikulum merdeka serta
praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka ditandai dengan
terlaksananya peran guru sebagai fasilitator, mediator, dan motivator.
Kata Kunci : Teacher Belief, Praksis Guru, Kurikulum Merdeka
Dosen Pembimbing: | Jupriyanto, Jupriyanto and Ulia, Nuhyal | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:22 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:22 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |