Pramita Sari, Juli (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PADAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (373kB)

Abstract

Pembelajaran IPA itu menyenangkan bagi guru maupun siswa. Bedasarkan
wawancara dengan guru kelas III pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
di SD Padas, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreEksperimental
Design
dengan
alur
penelitian
One-Groub
Pretest-Postest
Design.

Alasan

peneliti menggunakan desain penelitian tersebut karena pada kenyataan
dilapangan hanya terdapat satu kelas yaitu kelas III serta terdapat prestest sebelum
diberi perlakuan sehingga dapat diketahui hasil perlakuan yang akurat. Hasil Uji
Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sejumlah 58,92
namun setelah dilaksanakan pembelajaran discovery learning menunjukkan
bahwa nilai rata-rata siswa menjadi 73,21 sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan kemampuan siswa
Kata kunci: discovery learning dan kemampuan siswa siswa

Dosen Pembimbing: Sari, Yunita and Ulia, Nuhyal | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 02:00
Last Modified: 23 May 2023 02:00
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item