Rochmaniatus Sholekhah, Laili (2023) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34201800017_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34201800017_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah
satu permasalahan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
menyelidiki adanya pencapaian KKTP sama dengan 75 terhadap rata-rata skor tes
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan untuk
menyelidiki adanya perbedaan rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis True Experimental
dengan Posttest Only Control Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2
Sayung. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dengan 5 soal uraian. Teknik analisis data
awal menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan uji homogenitas
dengan uji One Way Anova. Uji analisis data akhir menggunakan One Sample t
Test dan Independent t Test.
Hasil analisis data diperoleh terdapat pencapaian KKTP sama dengan 75
terhadap rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas
eksperimen dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata skor
tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Selin itu rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingg dapat disimpulkan bahwa
model discovery learning berbantuan alat peraga kartu aljabar dapat diterapkan
pada siswa kelas VII untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis.
Kata Kunci : Discovery Learning, Kartu Aljabar, dan Pemahaman Konsep
Dosen Pembimbing: | Wijayanti, Dyana and Risqi Maharani, Hevy | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 May 2023 07:36 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:36 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |