RIYANTO SETIANA, DEVIKA (2023) THE EFFECTIVENESS OF VIDEO THE EFFECTIVENESS OF VIDEO VLOGGING AS MEDIA LOGGING AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS SPEAKING SKILLS th (A Case of the 1 (A Case of the 11 Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 S 1 Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video
vlogging efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA
Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA
Islam Sultan Agung 1 Semarang, dan sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa
kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen, dan 32 siswa kelas XI IPS 3 sebagai
kelas kontrol. Validitas isi digunakan dalam penelitian ini. Validasi dilakukan
dengan meminta guru bahasa Inggris dan dosen menjadi expert judgment untuk
memvalidasi instrumen menggunakan rubrik validasi. Untuk mengukur reliabilitas
penelitian ini digunakan rumus Cronbach Alpha. Penelitian ini menggunakan
SPSS 25 untuk menganalisis data tes berbicara melalui beberapa kegiatan.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berbicara. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah
52,65 dan kelas kontrol adalah 53,13. Setelah mendapatkan perlakuan nilai ratarata
pos-test
kelas
eksperimen
adalah
64,12
dan
kelas
kontrol
adalah
59,25

Hasil

analisis
menunjukkan
bahwa
terdapat
perbedaan

yang signifikan. Data dianalisis
dengan menggunakan rumus t-test. Hasil uji Independent Sample post-test bahwa
Sig. (2-tailed) adalah 0,024<0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil analisis, berarti penggunaan video vlogging efektif sebagai
media untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci: Video vlogging, Berbicara

Dosen Pembimbing: Anwar, Choiril | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:17
Last Modified: 11 May 2023 07:17
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item View Item