Zulfah, Siti (2022) PENGARUH PEMASARAN INTERAKTIF PRODUK SKINTIFIC MELALUI FITUR TIKTOK SHOP TERHADAP KESADARAN MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800072_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800072_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800072_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (162kB)

Abstract

Kegiatan dan program online yang diciptakan dengan keterlibatan
pelanggan dan jug prospek baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
tujuan menciptakan penjualan baik produk atau jasa, hal ini disebut dengan
pemasaran interaktif. Media sosial merupakan saranan bagi para konsumen untuk
saling mendapatkan maupun membagikan berbagai informasi seperti teks, gambar,
video maupun audio baik dari peruhaan maupun dari konsumen itu sendiri. Peneliti
melihat adanya pengaruh besar dengan pemasaran interaktif yang dilakukan oleh
produk Skintific melalui fitur TikTok Shop pada sebuah kesadaran terhadap merek
dan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian di Kota Semarang. Maka
dari itu, pemelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pemasaran
interaktif produk Skintific melalui fitur TikTok shop terhadap kesadaran merek, 2)
pengaruh pemasaran interaktif produk Skintific pada fitur TikTok shop terhadap
keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dan menggunakan
paradigma positivism. Teori yang akan digunakan untuk menganalisis masalah
pada penelitian ini adalah ekologi media. Populasi yang digunakan adalah
masyarakat Kota Semarang dengan sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling. Pada proses pengelolaan dan juga
analisis data, penelitian ini menggunakan bantan dari program aplikasi IBM SPSS
dan menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa seluruh item kuesioner ysng telah diuji dinyatakan valid karena
r hitung > r tabel (0,195), dan juga dikatakan reliabel dengan nilai diatas 0,60.
Analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa adanya hubungan yang
signifikan antara pemasaran interaktif (X) terhadap kesadaran merek (Y1) sebesar
0,177 dan adanya hubungan signifikan antara pemasaran interaktif (X) terhadap
keputusan pembelian (Y2) sebesar 0,308.

Kata Kunci : Pemasaran Interaktif, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian.

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah and Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2023 02:38
Last Modified: 10 May 2023 02:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28305

Actions (login required)

View Item View Item