Rofit Fatahillah, Mohamad (2023) YOUTUBE SEBAGAI STIMULUS MEDIA SOSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Analisis Youtube Channel HSR_Wheel). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_31001500314_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_31001500314_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Youtube merupakan media informasi yang memiliki banyak keunggulan
dalam menyampaikan pesannya. Banyak penjual yang mempromosikan produknya
melalui berbagai macam konten yang menarik di youtube. Salah satunya adalah
akun youtube HSR_Wheel, dimana akun tersebut memberikan informasi mengenai
produk velg yang dijual. Konten yang disajikan dapat berupa edukasi mengenai
velg beserta variannya, promo potongan harga, review velg, dan tips memilih velg
yang sesuai untuk mobil. Akun ini menjadi pusat informasi seputar velg dan lainnya
bagi calon konsumen atau masyarakat secara luas karena konten yang disajikan
menarik dan informatif.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber
data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan sekunder yang
didapatkan dari buku, jurnal, dan internet. Landasan teori yang digunakan adalah
teori Pengambilan Keputusan Pembelian dan Teori Stimulus, Respon, Organism
(SOR). Keterbatasan dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan
menggunakan deskriptif kualitatif yang hanya menggunakan satu informan saja
sehingga tidak bisa lebih dalam mengulik fenomena yang ada.
Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan oleh peneliti, maka
diperoleh Stimulus (S) berupa pesan yang disampaikan oleh channel Youtube
HSR_Wheel, Organisme (O) di peneitian ini adalah konsumen velg HSR_Wheel
yaitu informan dan Respon (R) yang dimaksud adalah pengambilan keputusan
pembelian velg HSR_Wheel. Tahapan pengambilan keputusan pembelian sudah
berjalan sesuai urutannya yaitu, calon konsumen mengenali kebutuhan yang
dimiliki kemudian dilakukan pencarian informasi, dilanjutkan dengan evaluasi
alternatif sebagai pilihan lain yang diinginkan, setelah itu pada tahap keputusan
pembelian dan terakhir adanya perilaku pasca atau bagaimana kepuasan informan
setelah mendapatkan kebutuhan yang diinginkan. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah bahwa stimulus konten Youtube HSR_Wheel dapat diterima oleh calon
konsumen sebagai media sosial yang dapat mempengaruhi respon pengambilan
keputusan pembelian. Untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan metode
lain selain deskriptif agar data yang terkumpulkan lebih lengkap dan menyeluruh.
Kunci : Youtube, Pengambilan Keputusan, SOR, Media Sosial
Dosen Pembimbing: | Mulyadi, Urip and Mubarok, Mubarok | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 May 2023 06:35 |
Last Modified: | 05 May 2023 06:35 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |