Zaka, Hedi Mae (2022) Systematic Literature Review : Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201500237_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201500237_fullpdf.pdf

| Download (949kB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201500237_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201500237_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (77kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan
teknologi modern serta berperan dalam berbagai disiplin dan pengembangan proses
berpikir manusia dalam kehidupanya. Salah satu tujuan matematika adalah
kemampuan berpikir kreatif. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir kreatif siswa itu belum optimal, rendahnya kemampuan
berpikir kreatif diduga karena selama ini guru tidak berusaha menggali pengetahuan
dan pemahaman siswanya tentang berpikir kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif matematis

siswa dari tahun 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode SRL (Systematic Literatul Review). SRL ini peneliti lakukan dengan
mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan semua penelitian yang
tersedia. Dengan metode penelitian ini peneliti melakuakan review dan
mengidentifkasi jurnal-jurnal secara sistematis yang pada setiap prosesnya
mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan.

Dalam penelitian ini, terlihat bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam
pembelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan cara memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dengan
memenuhi indikator dari berpikir kreatif itu sendiri. Dengan demikian kemampuan
berpikir kreatif siswa tidak lagi dalam ketegori rendah dalam memecahkan masalah
matem

Dosen Pembimbing: Wijayanti, Dyana and Basir, Mochamad Abdul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:10
Last Modified: 25 Jan 2023 02:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item View Item