Safitri, Lia Nur (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERPEN PADA LAMAN CERPENMU.COM EDISI CERPEN PILIHAN BULAN NOVEMBER 2021 DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS IX. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800021_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Kata kunci: nilai pendidikan karakter, kumpulan cerpen, pembelajaran teks cerpen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai nilai pendidikan karakter
yang terkandung dalam kumpulan cerpen pada laman cerpenmu.com edisi cerpen
pilihan bulan November 2021 dan relevansi nilai pendidikan karakter terhadap materi
teks cerpen kelas IX. Tujuannya untuk 1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter
yang terkandung dalam kumpulan cerpen. 2) mendeskripsikan relevansi nilai
pendidikan karakter. Analisis nilai pendidikan karakter berdasarkan 18 nilai Pancasila
dalam PERMENDIKBUD RI No. 20 Tahun 2018. Secara keseluruhan terdapat 67 data.
13 macam pendidikan karakter, yakni 24 data nilai pendidikan karakter religius, 4 data
pendidikan karakter gemar membaca, 1 data pendidikan karakter mandiri, 10 data
pendidikan karakter bekerja keras, 2 data pendidikan karakter rasa ingin tahu, 2 data
pendidikan karakter kreatif, 4 data pendidikan karakter komunikatif, 2 data pendidikan
karakter menghargai prestasi, 8 data pendidikan karakter peduli sosial, 5 data
pendidikan karakter cinta tanah air, 3 data pendidikan karakter semangat kebangsaan,
dan 1 data pendidikan karakter peduli lingkungan yang dikategorikan berdasarkan 4
konteks dari Nurgiyantoro (2009). Konsep pendidikan karakter yang menggambarkan
hubungan manusia dengan tuhan terdapat 24 data nilai religius. Hubungan manusia
dengan dirinya sendiri 20 data. Hubungan manusia dengan masyarakat 14 data.
Hubungan manusia dengan lingkungan 9 data. Relevansi nilai pendidikan karakter
kumpulan cerpen dengan materi teks cerpen kelas IX SK 7 dan KD 7.2. Nilai-nilai
pendidikan karakter yang relavan dengan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen yakni
nilai agama relavan dengan nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan relevan
dengan nilai pendidikan karakter gemar membaca, mandiri, bekerja keras, rasa ingin
tahu, dan kreatif. Nilai moral relevan dengan pendidikan karakter bertanggung jawab,
komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli sosial. Nilai pendidikan karakter yang
relevan dengan nilai kehidupan yang berupa nilai sosial yakni cinta tanah air, semangat
kebangsaan, dan peduli lingkungan.
Dosen Pembimbing: | Chamalah, Evi and Azizah, Aida | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:13 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |