Suwartiningsih, Suwartiningsih (2022) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN TALKSHOW “MATA NAJWA” EDISI DESEMBER 2021 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800003_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800003_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Kata kunci: alih kode, campur kode, talkshow, dan implikasi pembelajaran.
Dewasa ini penggunaan bahasa dalam berkomunikasi semakin beraneka
macam. Pengaruh dari berbagai macam bahasa tidak menutup kemungkinan
menyebabkan terjadinya penggunaan dua bahasa bahkan lebih dalam
berkomunikasi. Faktor keragaman bahasa, keterbatasan bahasa, bahkan
kepopuleran suatu bahasa menjadi penunjang terjadinya penggunaan dua bahasa
atau lebih. Sehingga dari faktor tersebut memunculkan adanya gejala alih kode
dan campur kode. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk
alih kode dan campur kode serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa
Indonesia SMP kelas VIII dengan manfaat untuk mengetahui bagaimana bentuk
alih kode dan campur kode serta manfaatnya terhadap pembelajaran bahasa
Indonesia.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan data yang
diperoleh peneliti, berjumlah 80 data tuturan. Tuturan yang mengandung bentuk
alih kode berjumlah 6 data, 4 diantaranya merupakan alih kode ekstern dan 2 data
berupa alih kode intern. Bentuk campur kode berjumlah 74 data. Campur kode
paling banyak ditemukan dalam tataran kata sebanyak 43 data, pada tataran frasa
berjumlah 29 data, dan 2 data pada tataran klausa. Bentuk campur kode lebih
banyak ditemukan karena beberapa faktor faktor, diantaranya faktor penutur,
penggunaan bahasa yang lebih populer, sera faktor topik dan pembahasan. Hasil
dari penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas
VIII pada materi teks iklan, slogan, dan poster sebagai media pembelajaran.
Bentuk alih kode diimplikasikan sebagai media pembelajaran berbentuk poster,
sedangkan bentuk campur kode diimplikasikan sebagai media pembelajaran
berbentuk slogan.
Dosen Pembimbing: | Wardani, Oktarina Puspita and Azizah, Aida | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 02:27 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 02:27 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |